You are here: Home / Tips and Trik / Web Server / 5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Hosting untuk Website Anda

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Hosting untuk Website Anda

Author: | Category: Tips and Trik  /  Web Server
Cara memilih Hosting yang Bagus

Banyak yang bertanya kepada Kami, Kok website saya lambat ya padahal ukuran websitenya kecil dan file website juga kecil? dari beberapa kasus yang Kami temui, saah satu penyebabnya yaitu kesalahan dalam memilih layanan hosting. Hosting merupakan sebuah perangkat komputer yang disetting agar online 24jam dalam sehari yang kita gunakan untuk menyimpan website, email, dan atau data lainnya. Kebanyakan dari kita menganggap sepele dalam pemilihan layanan hosting. Taukah Anda bahwa pemilihan layanan hosting sangat mempengaruhi produktifitas website Anda.

Dalam kasus ini saya akan berikan contoh yang biasanya terjadi yang tentu saja berkaitan dengan pemilihan layanan hosting untuk website Anda. Misalnya website Anda memiliki content bahasa inggris dan Anda menargetkan Pengunjung dari USA dan sekitarnya, sedangkan Anda memakai menyewa server Indonesia. Apa yang akan terjadi dalam kasus diatas? Anda dapat dengan mudah mengakses website Anda, akan tetapi apakah Anda tahu akses melalui USA? mungkin akan mengalami kendala load yang tinggi, dan hal tersebut sangat mempengaruhi penjualan Anda.

Seperti diatas adalah salah satu contoh saja, masih banyak hal yang perlu untuk diperhatikan dalam pemilihan layanan hosting untuk website Anda. Apa saja itu? Mari kita bahas dalam artikel ini 5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Hosting untuk Website Anda.

Memperhatikan Lokasi Server yang akan Anda Gunakan

Seperti contoh kasus diatas yaitu pemilihan lokasi server sangat diperhatikan dalam meningkatkan loading website Anda. Ada beberapa yang perlu diperhatikan yaitu kenali terlebih dahulu target pasar Anda, apa itu target pasar? Target pasar yang dimaksudkan disini yaitu menargetkan negara yang Anda fokuskan untuk website Anda.

Misalnya Anda menargetkan daerah sekitar USA, maka Anda dapat menyewa server USA, hal itu akan mempercepat jarak akses pelanggan Anda. Dan jika target pasar Anda sekitar Singapore, pilihlah server Singapore untuk mempercepat loading website Anda. Jika misalnya Indonesia dengan konten berbahasa Indonesia, maka taruhlah website Anda pada server Indoensia. Dalam kasus ini saya memisalkan 3 server yang ada pada Layanan Hosting, Indonesia, Singapore, dan USA. Hal ini berpariasi, tergantung dari perusahaan penyedia Layanan hosting tersebut.

LIHAT JUGA:  Bagaimana Membuat Schedule pada Posting Artikel website Wordpress

Mengetahui Spesifikasi Server yang Digunakan

Banyak dari kita, dan bahkan dari Kami sering tidak menanyakan hal ini ke penyedia hosting. Bagaimana Spesifikasi server yang digunakan? jarang ditanyakan karena malas untuk cerewet ke penyedianya, akan tetapi sekarang ini adalah hal penting untuk sebuah website. Hal penting yang perlu diperhatikan yaitu penggunaan Harddisknya, apakah SSD ataukah HDD. Jadi apa perbedaan antara keduanya itu.

HDD merupakan media penyimpanan dasar non-volatile, artinya data tidak akan hilang jika  komputer dimatikan. HDD memiliki piringan dengan lapisan magnet yang menjadi dasar penyimpanan dalam HDD.

Sedangkan SSD merupakan teknologi paling terbaru, teknologi SSD memiliki fungsi yang sama dengan HDD yaitu sebagai penyimpanan data akan tetapi tidak menggunakan penyimpanan magnetik melainkan dengan chip memory flash yang saling terhubung. Hal ini dapat meningkatkan kinerja dari CPU dengan akses yang tentu berkali lipat lebih cepat dari HDD.

Nah, dari penjelasan diatas pastikan pilihan Anda, apakah memilih HDD ataukah server dengan SSD. Dan harganya pun akan berbeda, kalkulasikan dengan pemasukkan dari website Anda untuk pilihan ini.

Memperhatikan Quota pada Paket Hosting

Selanjutnya yaitu memperhatikan quota pada layanan hosting yang ingin Anda beli, jadi quota itu apa? Quota merupakan maksimal space yang bisa Anda pakai untuk menyimpan data website dan email Anda. Misalnya Anda membeli paket dengan Quota 100MB, berarti Anda hanya dapat menyimpan data dengan ukuran 100MB. Jika lebih dari itu Email Anda tidak akan dapat digunakan dan hosting Anda akan melambat. Pilihlah ukuran hosting yang sesuai dengan ukuran website, aktifitas email yang akan digunakan.

Jika aktifitas email Anda banyak, pastikan memilih paket dengan quota hosting yang agak besar misalnya 1GB. Untuk kasus quota penuh pada hosting Anda dapat melihat cara setting email untuk mengatasi hosting penuh karena email di tutorial Cara Setting Email pada Microsoft Outlook 2007.

LIHAT JUGA:  5 Alat yang Harus Anda Gunakan untuk Menaikkan SEO Wordpress

Memperhatikan Data Transfer atau Bandwidth pada Paket Hosting yang akan Dipilih

Apakah itu Data Transfer/Bandwidth? Jika website Anda memiliki visitor yang banyak setiap bulannya, Anda sangat wajib memperhatikan hal ini. Bandwidth/Data Transfer merupakan seberapa banyak transfer data yang dapat diproses di website Anda. Jika visitor/pengunjung website Anda banyak, dan Bandwidth hosting Anda mencapai limit, maka website Anda akan perlahan melambat dan akhirnya menjadi tidak dapat diakses.

Pilihlah Paket dengan Bandwidth yang sesuai dengan aktifitas website Anda, bandwidth ini hanya berlaku per bulan, jadi bulan berikutnya bandwidth Anda akan normal kembali. Misalnya bandwidth pada paket sebesar 50GB, setelah digunakan 40GB pada bulan pertama, maka bulan kedua bandwidth akan menjadi 50GB lagi.

Memperhatikan Fasilitas yang Anda Dapatkan pada Hosting

Memperhatikan fasilitas hosting merupakan hal penting selanjutnya, yaang perlu Anda perhatikan yaitu beberapa point ini,

Fasilitas Anti Spam pada Email, Jika Anda ingin menyewa hosting dengan aktifitas email Anda yang tinggi, maka perhatikan fasilitas Anti Spam yang digunakan. Tanya ke penyedia hosting lalu search di Google fasilitas tersebut, jika yang digunakan fasilitas berbayar, maka hal tersebut bagus. Pada umumnya failitas Anti SPam yang berbayar lebih bagus.

Jumlah yang Dapat Dibuat, dan perhatikan juga jumlah email yang dapat Anda buat pada hosting Anda, ada yang memang membatasi ada yang tak terbatas semasih quota hosting memadai.

Add On Domain, Add On domain merupakan fasilitas untuk menambahkan domain pada hosting yang memungkinkan kita menambahkan lebih dari 1 domain dengan website yang dapat berbeda. Jika Anda adalah blogger, Anda perlu memperhatikan hal ini.

Park Domain, merupakan fasilitas pada hosting yang digunakan untuk menambahkan lebih dari 1 domain ke 1 hosting dengan website yang sama. Berbeda dengan Add On, fitur Park Domain hanya dapat mengakses 1 buah website, sedangkan add on dapat menempatkan lebih dari 1 website.

LIHAT JUGA:  9 Trick .htaccess yang Sangat Berguna dan Jarang Diketahui pada Website Wordpress

Itulah beberapa Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Hosting untuk Website Anda. Dan semoga dapat membantu Anda untuk akses yang lebih cepat pada website Anda.

SHARE :Share on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on FacebookShare on StumbleUpon