You are here: Home / Cpanel / Web Programming / Web Server / Cara Import Database MySQL Berukuran Besar pada Localhost dan Hosting

Cara Import Database MySQL Berukuran Besar pada Localhost dan Hosting

Author: | Category: Cpanel  /  Web Programming  /  Web Server
Cara Import Database MySQL berukuran Besar

“Bagaimana Cara Import Database MySQL berukuran Besar?” sering sekali kita mengalami masalah saat akan import database MySQL yang berukuran besar yang melebihi limit dari ukuran import. Sebelumnya, import database merupakan suatu metode yang digunakan pada website developer untuk memasukkan data dari sebuah database ke dalam database lainnya. Biasanya pada app seperti Xampp memiliki batas import database 2MB, hal tersebut dapat menjadi penyebab gagalnya import database.

Pada artikel kali ini yaitu Cara Import Database MySQL berukuran Besar, saya akan membahas dengan beberapa tutorial yang bisa menjadi solusi untuk melakukan import database yang melebihi limit, dan bahkan yang berukuran besar seperti ukuran GigaByte.

Sebelum Cara Import Database MySQL berukuran Besar, saya akan jelaskan terlebih dahulu untuk cara export database MySQL:

1. Buka browser, dan akses http://localhost/phpmyadmin, pilih nama database Anda,

2. Pada menu atas akan terlihat menu export, pilih menu export,

3. Pilih opsi “Quick – display only the minimal options”, format pilih SQL, dan klik GO,

export database mysql

4. Secara otomatis browser akan download file database Anda.

Cara Import Database MySQL berukuran Besar pada Localhost, dengan menaikkan limit Import:

1. Sebelum melakukan perubahan, stop terlebih dahulu untuk services dari MySQL, dan Apache Anda melalui Control Panel Xampp,

2. Akses folder xampp Anda, biasanya secara default akan terinstall di drive C, akses ke Drive Anda > Xampp > PHP, buka file php.ini.

3. Temukan kode seperti dibawah ini:

upload_max_filesize = 2M

Ganti 2MB tersebut dengan ukuran yang Anda inginkan, misalnya 8MB, 16MB, 32MB, 64MB, dst.

4. Masih di file php.ini, cari max_allowed_packet = 8M, dan ganti dengan ukuran yang Anda inginkan, misalnya 8MB, 16MB, 32MB, 64MB, dst.

LIHAT JUGA:  9 Trick .htaccess yang Sangat Berguna dan Jarang Diketahui pada Website Wordpress

5. Save file tersebut, dan aktifkan kembali untuk services MySQL, dan Apache Anda.

Cara Import Database MySQL berukuran Besar pada Localhost, dengan file bigdump php:

1. Akses folder htdocs xampp Anda, lalu buat folder dengan nama apa saja, disini akan saya misalkan dengan nama folder import_database,

2. Download file bigdump terlebih dahulu, Anda bisa downloadnya disini. Letakkan file bigdump.php Anda pada folder import_database beserta file database yang akan Anda import,

3. Buka browser, akses localhost/phpmyadmin dan buatlah nama database yang diinginkan, disini saya misalkan bigdatabase,

4. Buka file bigdump.php dan edit untuk file:

db_server(isi dengan localhost),

db_name(isi dengan nama database yang dubuat sebelumnya, misal pada contoh kali ini saya memakai: bigdatabase)

db_username(isi username database)

db_password(isi dengan password database)

setting file bigdump

5. Akses bigdump.php dengan browser Anda, maka akan muncul tampilan interface untuk app bigdump, misalnya: http://localhost/ import_database/bigdump.php

6. Pada interface dari bigdump, akan terlihat nama file yang akan diimport, jika belum terlihat, Anda bisa lakukan upload file yang sudah tersedia di fitur bigdump, klik Start Import, tunggu sampai proses import selesai.

Cara Import Database MySQL berukuran Besar

Cara Import Database MySQL berukuran Besar pada Hosting melalui CPanel, Anda bisa menggunakan cara diatas, caranya sama saja, hanya aksesnya berbeda. Seperti yang kita ketahui, penyedia hosting sangat banyak sekali, dan setiap penyedia hosting memiliki fitur yang berbeda dan dengan app yang berbeda, misalnya ada yang menggunakan CPanel, SPanel, Panel dibuat sendiri, dst. Pada artikel ini saya akan menjelaskan hanya yang menggunakan CPanel, karena sebagian besar penyedia memiliki CPanel, hanya berbeda fitur.

Cara Import Database MySQL berukuran Besar pada Hosting melalui CPanel, dengan file PHP.ini:

1. Login cpanel Anda, pilih menu File Manager, dan masuk ke public_html hosting,

LIHAT JUGA:  Penanganan Internal Server Error pada Website Wordpress

2. Buat New File, isikan namanya dengan “php.ini”,

3. Isikan beberapa script berikut pada php.ini yang dibuat:

max_execution_time = 60
max_input_time = 90
memory_limit = 128M
post_max_size = 180M

4. Lalu save file tersebut.

Cara diatas biasanya berhasil di beberapa tempat, hal ini pengaruh dari setting server penyedia hosting itu sendiri, jika tidak berhasil di tempat Anda, bisa menghubungi penyedia hosting Anda, penyedia hosting akan membantu Anda untuk menaikkan limit import database Anda.

Cara Import Database MySQL berukuran Besar pada Hosting melalui CPanel, dengan file dibdump.php sama dengan di localhost, hanya berbeda pada tata letak akses:

1. Buat nama database Anda dengan fitur MySQL Databases, buat nama database dan user database beserta password,

2. Buka file manager, dan akses public_html, buat folder dan upload file bigdump.php dan file database Anda, buka file bigdump.php dan edit file tersebut, isi dengan nama database, username, dan password yang dibuat sebelumnya,

3. Akses file bigdump.php Anda melalui browser, maka akan terlihat nama file database yang satu folder dengan file bigdump.php. Lalu klik Start Import.

Sangat penting: hapuslah file bigdump.php yang telah Anda gunakan, hal tersebut demi keamanan website dan hosting Anda, agar file tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak luar.

Demikianlah cara yang saya lakukan untuk lakukan Import Database MySQL berukuran Besa, baik pada localhost maupun hosting. Semoga dapat membantu.

SHARE :Share on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on FacebookShare on StumbleUpon