You are here: Home / Tips and Trik / Wordpress / Mengurangi Penggunaan Hosting dengan Google Drive Sebagai Media Menyimpanan Data Website WordPress

Mengurangi Penggunaan Hosting dengan Google Drive Sebagai Media Menyimpanan Data Website WordPress

Author: | Category: Tips and Trik  /  Wordpress
Koneksi Google Drive dengan Website Wordpress

Mengenai penggunaan quota hosting, banyak sekali yang mengalami masalah quota hosting penuh. Ada beberapa yang bertanya kepada Kami bagaimana cara agar quota hostingnya tidak penuh. Tentu saja jawabanna mudah yaitu dengan upgrade paket hostingnya, mudah bukan? tapi ada juga yang masih berfikir mengenai upgrade quota, upgrade sama dengan tambah biaya. Sedangkan perusahaan meminimalkan pengeluaran mereka. Nah, pada artikel ini Kami akan menjelaskan salah satu produk Google yang dapat kita manfaatkan untuk mengurangi quota hosting.

Google Drive merupakan salah satu produk Google yang sangat powerful. Bagaimana tidak, selain gratis, ukurannya besar pula, mencapai 15GB. Bayangkan berapa biaya yang kita perlukan jika ingin membeli paket hosting dengan quota 15GB, mungkin 10jt. 15GB tersebut dapat Anda manfaatkan untuk media penyimpanan file-file gambar website Anda, sangat mudah menggunakannya, karena didukung Aplikasi dekstop dari Google Drive, tingkal copy dan paste maka sudah otomatis upload sendiri jika terkoneksi internet, upload file ukuran GB gak akan terasa.

Cara Menghubungkan Google Drive dengan Website WordPress Anda

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan Anda terlebih dahulu download plugin untuk Google Drive di Google Drive Media Library Download, install, dan aktifkan plugin tersebut. Dan juga Anda sudah harus memiliki account Gmail, dan buka Google Drive melalui link Google Drive.

1. Menambahkan Folder pada Google Drive
Pertama yang harus dilakukan yaitu menambahkan folder pada Google Drive, hal ini bertujuan agar file pada Google Drive kita rapi. Caranya yaitu klik menu NEW > Folder, ketikkan nama folder yang ingin dibuat.

Belajar Tutorial Google Drive

2. Pengaturan Share Folder pada Google Drive

Secara default folder yang kita buat akan tersetting private yang artinya bahwa hanya kita saja yang boleh melihat isi dari folder tersebut. Kita akan setting agar semua orang yang dapat mengaksesnya, termasuk web kita. Klik kanan pada folder pilih SHARE, akan muncul Pop Up Share with others, pilih Advanced pada bagian kanan bawah. Muncul tampilan Sharing Settings, Klik Change dan pilih opsi “On-Public on the Web”, pada opsi “Access: Anyone(no-sign required)” ganti menjadi “Can View”, artinya orang lain hanya dapat melihat dan tidak bisa edit file kita, lalu Klik SAVE.

LIHAT JUGA:  Cara Menambahkan User Admin pada Wordpress melalui Database MySQL

Cara Share Folder pada Google Drive

3. Mengambil id dari Folder Google Drive

Melakukan setting agar website dapat terhubung dengan Google Drive, kita membutuhkan id dari Google Drive yang kita buat, caranya klik kanan pada folder dan pilih SHARE, akan terdapat link Sharing Folder, copy hanya ID dari sharing link tersebut, sebagai contoh:

URL Share: https://drive.google.com/folderview?id=0BwcY4RJUVkUGOVRIdDcxcnY3ajQ&usp=sharing

*ID folder yaitu yang tulisan tebal.

Cara Share Folder pada Google Drive

4. Setting Plugin Google Drive Media Library

Caranya yaitu masuk ke wordpress, pilih menu Media > Google Drive Media Library, pilih Mapping Folder. Isi dengan id yang didapat sebelumnya, lalu SAVE.

Menghubungkan Google Drive dengan Website

5. Cara Menambahkan File pada Google Driver dan Menghubungkan dengan WordPress

Jadi sistemnya yaitu kita upload gambar terlebih dahulu pada Google Drive, baru kemudian add pada WordPress. Cara menambahkan file pada folder Google Drive sangat mudah, cukup buka folder dengan klik 2x dan drag file Anda ke Google Drive.

Menghubungkan Google Drive dengan Website

Selanjutnya pada WordPress, pilih Mapping File, dan isi nama file yang kita upload sebelumnya pada Google Drive, ingat nama file harus sama, lalu Save. Secara otomatis file akan ada pada Media Library wordpress website Anda.

Banyak sekali fungsi dari Google Drive yang lainnya, bisa sebagai media penyimpanan data yang akan dikirim melalui email yang berukuran besar, dan masih banyak lagi. Sekian dulu tutorial “Mengurangi Penggunaan Hosting dengan Google Drive Sebagai Media Menyimpanan Data Website Anda”.

SHARE :Share on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on FacebookShare on StumbleUpon